Prakiraan Cuaca BMKG, Hujan akan Melanda Sejumlah Wilayah di Indonesia, Juga Jakarta
Warga menggunakan payung untuk menghindari hujan saat melewati kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. (Foto Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Prakiraan cuaca hari ini dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejumlah wilayah di Indonesia masih akan dilanda hujan. Potensi hujan bervasiasi dari hujan ringan hingga hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Dalam peringatan dini cuaca di situs BMKG, dikutip dari Jakarta, Sabtu memperlihatkan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat berada di Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta serta Jawa Timur.

Wilayah lain yang diprakirakan mengalami hujan lebat hari ini yang berada di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Sementara wilayah di Jambi, DKI Jakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan.

Terkait hujan lebat, BMKG memperingatkan beberapa provinsi berpotensi mengalami dampaknya seperti banjir yaitu Nusa Tenggara Timur yang masuk dalam kategori siaga.

hujan akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia. (foto Antara)
hujan akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia. (foto Antara)

Sementara yang masuk kategori waspada dampak hujan lebat pada hari ini adalah Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten dan Bali.

Wilayah lain yang masuk kategori waspada adalah Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Jakarta

Khusus untuk daerah DKI Jakarta, hujan sedang berpotensi terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hari.

Sedangkan hujan ringan dapat terjadi di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara pada siang hari. Hujan ringan juga berpotensi terjadi pada malam hari di Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Cuaca
Awan dan petir berpotensi terjadi sebelum hujan. (Dok Antara)

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan berdurasi singkat pada siang hingga sore hari serta Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Jakarta Barat pada dini hari," demikian peringatan yang dilansir dari laman BMKG.go.id, Sabtu.

Adapun rincian lengkap prakiraan cuaca Ibu Kota Sabtu ini yakni pada Sabtu siang yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akan diguyur hujan ringan. Sedangkan wilayah Jakarta lainnya hingga Kepulauan Seribu diperkirakan akan diselimuti langit cerah berawan.

Pada Sabtu malam seluruh wilayah Jakarta hingga Kepulauan Seribu diprediksi akan diselimuti langit cerah berawan. Sedangkan pada Minggu dini hari, hujan dengan intensitas ringan diperkirakan akan mengguyur wilayah Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu.

Sedangkan wilayah Jakarta lainnya diperkirakan akan diselimuti langit cerah berawan. Adapun suhu udara rata-rata Ibu Kota sepanjang Sabtu diperkirakan berada di kisaran normal antara 23 hingga 32 derajat celsius. Dengan tingkat kelembapan udara pada pada Rabu relatif berfluktuasi di kisaran 70 persen hingga 100 persen.

Demikianlah prakiraan cuaca dari BMKG untuk hari ini. Semoga bisa menjadi panduan untuk Anda, terutama bagi yang beraktivitas di luar rumah.