Waspada, Gelombang Tinggi 2,5 Meter Ancam Perairan Kaltara
Gelombang Tinggi (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Nelayan dan pelaku jasa transportasi laut mewaspadai gelombang tinggi mencapai 2,5 meter di perairan Kalimantan Utara.

“Tetap waspada karena terjadi perubahan ketinggian gelombang laut dari 1,25 meter menjadi 2,5 meter,” kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Muhammad Hermansyah di Tanjung Selor, mengutip Antara, Minggu, 12 Maret.

Ketinggian gelombang di perairan terdekat dari Kalimantan Utara yakni perairan Sulawesi bagian Barat juga diprediksi mencapai 1,25 meter hingga 2,5 meter.

Adapun arah angin bertiup dari Barat Laut ke Timur Laut dengan kecepatan tiga sampai 20 knots di perairan Kalimantan Utara. Sedang di perairan Sulawesi bagian Barat berkecepatan enam sampai 15 knot.

Peringatan BMKG Tanjung Harapan ini berlaku Minggu (12/3/2023) hingga Senin (13/3/2023).

Adapun prakiraan cuaca jalur transportasi darat trans Kalimantan di Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur akan turun hujan di siang hari di wilayah Kabupaten Berau dengan kecenderungan cerah berawan pada malam hari.

Memasuki Bulungan, Kalimantan Utara, cuaca cerah berawan akan terjadi di Sajau dan potensi hujan ringan di Tanjung Selor. Kemudian di perbatasan Kabupaten Bulungan dan Kabupaten Tana Tidung, hujan ringan akan turun saat sore hari di Kecamatan Sekatak.

Hujan lebat disertai petir akan berlangsung siang hari di Malinau Kota, Kabupaten Malinau. Sedang di jalur Kabupaten Nunukan, hujan lebat disertai petir akan terjadi di Mansalong, Pembeliangan, dan Salang pada malam hari.