Mengenal Mantan Drumer Dewa 19, Wawan Juniarso yang Digugat Cerai
Wawan Juniarso (Instagram @wa2n_juniarso)

Bagikan:

Sulawesi Utara - 23 tahun lamanya menjalin bahtera rumah tangga, kini rumah tangga mantan drumer band Dewa 19, Wawan Juniarso terancam. Saat ini dirinya digugat cerai  Inge Indrawati.

Dihimpun VOI dari berbagi sumber, Wawan ialah salah satu pendiri Dewa 19 yang ia dirikan pada tahun 1986 bersama Dhani, Erwin, dan Andra. Huruf "W" pada nama Dewa yaitu akronim namanya.

Saat awal berdiri, rumah Wawan kerap dijadikan basecamp oleh para personel Dewa 19. Wawan sendiri merupakan sosok yang merekomendasikan Ari Lasso untuk menjadi vokalis di band tersebut. 

Wawan Juniarso Hengkang Dari Dewa 19

Pada tahun 1988 Wawan memutuskan keluar dari Dewa 19 dan bergabung dengan band Outsider. Perbedaan arah musik pada diri personel Dewa 19 membuat Wawan harus mengambil keputusan. Wawan penyuka musik rock, sementara Dewa 19 yang berakar pop mulai berubah haluan ke jazz karena pengaruh Erwin.

BACA JUGA:


 

Wawan kembali dipanggil untuk menghidupkan Dewa 19, dengan mengajak pula Ari Lasso. Kali ini, Dewa 19 lebih luwes dengan tidak terjerat pada satu jenis musik. Mereka mengombinaskian pop, rock, bahkan jazz ke dalam satu warna baru.

Pada tahun 1992, Dewa 19 meluncurkan album pertamanya yang bertajuk self-titled. Di luar dugaan, dengan single berjudul Kangen dan Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi album perdana mereka meledak dan laris di pasaran.

Dalam album ini, Wawan turut menciptakan lagu Dewa & Si Mata Uang bersama Dhani dan Erwin. Ini merupakan satu-satunya lagu yang diciptakan Wawan bersama Dewa 19.

Berselang dua tahun, di tengah penggarapan album kedua mereka, Format Masa Depan, Wawan hengkang. Posisinya digantikan dua additional; Ronald Fristianto (drum) dan Rere Reza (Grassrock).

Kabar terakhir menyebut, Wawan menjalani profesi di belakang layar. Dia sempat menjadi manager dari grup musik Netral, The Fly, penyanyi cilik Tegar, Indah Kusuma dan masih banyak artis artis lainnya.

Bersama Alfas Hermansyah (orang yang menemukan Tegar), Wawan lantas mendirikan PT Negri Diawan (label & artis management). 

Namun, pandemi COVID-19 lantas menyengat dan menyebabkan kondisi keuangan Wawan babak belur. Ini yang kabarnya menjadi penyebab dia digugat cerai istrinya.

Terkait