Waspada, BMKG Peringatkan Potensi Angin Kencang di Sejumlah Wilayah Indonesia, Sementara Jakarta Cerah
Citra satelit untuk beberapa wilayah Indonesia yang diungkap BMKG soal cuaca hari ini di beberapa wilayah di Indonesia. (Sumber @BMKG)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini soal cuaca yang akan terjadi potensi hujan sedang hingga lebat, angin kencang, hingga kebakaran hutan atau lahan pada Minggu 25 Juli.

Potensi angin kencang diprakirakan terjadi di Sulawesi Barat sehingga masyarakat diminta mewaspadainya khususnya di wilayah pesisir Kabupaten Polewali Mandar dan Majene pada pagi malam dan dini hari.

Demikian juga di Sulawesi Tengah, yang akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada sore dan dini hari di wilayah Kabupaten atau Kota Palu, Donggala, Sigi, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

Ilustrasi - Pemetaan prakiraan curah hujan Agustus 2021 dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. (HO-BMKG)
Ilustrasi - Pemetaan prakiraan curah hujan Agustus 2021 dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. (HO-BMKG)

Sementara di Kalimantan Barat, masyarakat diminta untuk waspada terhadap peningkatan suhu udara dan penurunan kelembapan udara yang dapat memicu potensi mudahnya kebakaran hutan/lahan. Begitu pula di kawasan Nusa Tenggara Timur, diharap mewaspadai potensi kebakaran lahan.

Jakarta Cerah 

Sementara untuk wilayah Jakarta,   BMKG memprediksi DKI Jakarta tidak hujan sepanjang hari Minggu 25 Juli ini akan cerah.

Data BMKG menyebutkan, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada pagi hari cerah. Sedangkan daerah lainnya mengalami cerah berawan hingga siang hari. Pada siang hari, cerah berawan hanya terjadi di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sedangkan wilayah lainnya cerah hingga memasuki malam hari.

Pada malam hari, cuaca berubah menjadi cerah berawan yang merata di seluruh wilayah DKI Jakarta yang berlangsung hingga Senin 26 Juli dini hari.

Untuk Jakarta dan sekitarnya diprakirakan cerah. (Dok Antara)
Untuk Jakarta dan sekitarnya diprakirakan cerah. (Dok Antara)

Secara keseluruhan, pada hari ini rentang suhu udara Jakarta berkisar 23-33 derajat Celsius. Jakarta Barat 23-33 derajat Celcius, Jakarta Pusat 24-31 derajat Celcius dan Jakarta Selatan 23-33 derajat Celcius. Kemudian Jakarta Timur 23-33 derajat Celcius, Jakarta Utara 24-31 derajat Celcius dan Kepulauan Seribu 26-29 derajat Celcius.

Untuk kelembaban udara di Jakarta pada hari ini diprediksi berkisar 50-85 persen. Jakarta Barat 50-85 persen, Jakarta Pusat 65-85 persen dan Jakarta Selatan 50-85 persen. Lalu kelembaban udara di Jakarta Timur 50-85 persen, Jakarta Utara 65-85 persen dan Kepulauan Seribu 70-85 persen.

Demikian prakiraan cuaca dari BMKG untuk wilayah Indonesia dan juga Jakarta dan sekitarnya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.