Taman Nasional Bunaken: Spot Diving Kece di Sulawesi Utara
Taman Nasional Bunaken (Mainyuk.wordpress.com)

Bagikan:

Taman Nasional Bunaken ditunjuk oleh Menteri Kehutanan sebagai taman nasional pada tahun 1991. Objek liburan ini luas sekitar 89.065 hektare, berada di kawasan Kabupaten Minahasa, Kotamadya Manado, Sulawesi Utara. Di sebelah utara taman nasional, ada pulau Bunaken, Manado Tua, Montehage, Siladen, Nain, Nain Kecil, dan beberapa kawasan pesisir Tanjung Pisok. Sementara di komponen selatan, mencakup beberapa pesisir Tanjung Kelapa.

Lokasi ini adalah perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir. Pulau-pulau di dalamnya kaya akan flora dan fauna. Perairan Taman Nasional Bunaken mempunyai 13 genera (genus) karang hidup yang didominasi oleh ragam terumbu karang tepi dan terumbu karang penghambat.

Tercatat sekitar 91 macam ikan yang hidup di perairan ini, diantaranya ikan kuda gusumi (Hippocampus kuda), oci putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Ephinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma), ila gasi (Scolopsis bilineatus).

Bisa Menyelam di Taman Nasional Bunaken

Di tempat wisata ini banyak kegiatan wisata bahari yang ditawarkan, seperti: diving, snorkeling, berjemur, dan berenang di laut. Di pantai Kalase, yang berada di pinggir Kota Manado, terdapat sebuah diving center bernama Dragonet yang pernah menjadi sekretariat acara Sail Bunaken yang memecahkan rekor MURI dengan lebih dari 2.000 penyelam mengikuti upacara bendera di dasar laut.

Bapak James, pemilik Dragonet Diving Center, mempekerjakan instruktur selam bersertifikasi SDI (Scuba Diving International) yaitu Bapak Ferry.

Dragonet menawarkan pelajaran menyelam bagi pemula, yang meliputi dasar-dasar menyelam (breathing, buoyance control, mask clearing, ear equalization) selama 15 menit, dan setelah paham akan langsung diajak menyelam selama 45 menit di kedalaman hingga 6 meter.

Dengan bantuan instruktur selam yang sudah berpengalaman seperti Bapak Ferry, para pemula dijamin bisa menyelam.

Kecuali melewati Pantai Kalase, Taman Nasional Bunaken juga bisa ditempuh lewat Pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Centre (NDC) di Kecamatan Molas yang memakan waktu sekitar 20 menit, dan dari Marina Blue Banter dengan waktu tempuh sekitar 10 – 15 menit memakai kapal pesiar.

Kalau berangkat dari pelabuhan Manado, dapat memakai perahu motor menuju pulau Siladen yang bisa dicapai sekitar 20 menit, ke pulau Bunaken sekitar 30 menit, ke pulau Montehage sekitar 50 menit, dan ke pulau Nain sekitar 60 menit.

Tarif masuk ke lokasi ini sebesar Rp 2.500 per hari untuk pelancong dalam negeri, dan Rp 150.000 per tahun untuk pelancong asing.

Selain Taman Nasional Bunaken ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!